Tidur Siang Tingkatkan Kreativitas hingga 40 Persen

Terdapat jiwa yang sehat di dalam tubuh yang kuat. Ungkapan ini rupanya bisa diimbangi dengan penelitian mengenai kecukupan tidur siang yang baru saja dilakukan Philip Gehrman, Ph.D., Asisten Profesor Psikologi di University of Pennsylvania. Seseorang yang menjalani tidur siang memiliki peluang sekitar 40 persen lebih kreatif daripada yang tidak melakukannya. Dengan tidur siang kita memberikan kesempatan bagi tubuh untuk menjadi rileks sehingga kinerja otak bisa meningkat, daya kreativitas bertambah, dan kemampuan mengingat semakin kuat.


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal disarankan untuk menjalani tidur siang selama 15-30 menit. Walau singkat suasana hati akan membaik setelah kita bangun. Namun, bila dirasa masih kurang, kita bisa menambah durasi tidur hingga 90 menit. Durasi ini disarankan untuk memperbaiki mood karena tekanan pekerjaan atau menghilangkan kepenatan dan kekhawatiran.

 

Tidur siang yang efektif diyakini bisa membuat kinerja otak kembali optimal. Saat bangun kita akan bisa merasakan daya tangkap yang semakin kuat dan mampu menerima berbagai informasi baru dengan cepat. Tentunya, hal ini membuat kita semakin produktif dalam bekerja. Selain itu, suasana hati yang membaik karena tubuh yang telah kembali rileks usai tidur siang pun akan menjadikan kita lebih siap menghadapi tantangan pekerjaan sesulit apa pun.


Salah satu faktor yang memengaruhi kualitas tidur siang kita adalah tempat. Usahakan untuk  memilih tempat yang nyaman, tenang, dan jauh dari kebisingan sehingga kita bisa beristirahat tanpa terganggu. Meskipun, terkadang untuk tidur yang singkat bisa kita lakukan di kursi kerja kita.


Bagi kamu yang tidak terbiasa menjalani tidur siang karena khawatir kesulitan tidur saat malam, bisa mencoba membiasakan dengan perlahan. Misalnya saja sejenak memejamkan mata dan melepaskan semua beban pikiran saat jam istirahat. Atau kamu juga bisa menyiapkan aroma terapi yang bisa membantu tubuh berada di kondisi paling ringan atau rileks.


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published