Added to Cart
    Keranjang anda masih kosong
    Total
    Selesaikan Pesanan Continue Shoping

    SHAFIRA Journal — Health

    Hindari 3 Makanan Ini Saat Sarapan

    Hindari 3 Makanan Ini Saat Sarapan

    Bagi banyak orang, sarapan merupakan rutinitas yang tidak boleh terlewatkan. Asupan gizi dan nutrisi saat sarapan sangat membantu metabolisme tubuh untuk seharian penuh. Banyak pakar kesehatan yang mengatakan, sarapan bisa membuat berat badan yang ideal.

    Menurut para ahli kesehatan, sarapan yang baik terdiri dari karbohidrat, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan, tentunya dalam porsi sedikit. Namun bila semua itu terasa sulit, kamu bisa sarapan dengan mengonsumsi sepotong roti berisi selai cokelat atau kacang serta secangkir teh lemon hangat.

    Tapi siapa sangka ternyata, ada beberapa menu yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sarapan. Kira-kira apa saja ya?

    Jus Buah

    KK Tip: Have at least 1000mg of Vitamin C a day. It helps keep your immune system strong, and even helps to keep your skin from wrinkling.

    Segelas jus buah memang terasa menyegarkan. Apalagi bila kamu memilih buah-buahan yang mengandung banyak serat seperti pepaya, alpukat, melon, apel dan lainya yang justru memberikan efek mengenyangkan. Sarapan jus buah tanpa menu pendamping lainnya ternyata memiliki risiko kenaikan berat badan lebih tinggi. Kenapa? olahan jus buah biasanya ditambahkan gula untuk memperkuat rasa manisnya. Selain itu, jus buah juga tidak bisa membuat tubuh menahan lapar hingga jam makan siang tiba. Akibatnya kamu memiliki kesempatan untuk ngemil sebelum jam makan siang.

    Daging Olahan

    Order From The Kids Menu If You Want A New Last Name

    Makanan yang satu ini memang sangat mudah untuk diolah dalam berbagai menu utama maupun pendamping, misalnya saja sandwich, mie, dan sop. Namun sayang, sosis, daging asap dan nugget justru mengandung bahan-bahan minim vitamin akibat proses pembuatannya. Menu daging olahan ini juga tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sarapan, karena mampu meningkatkan obesitas, gangguan jantung, dan hipertensi.

    Sereal

    Fruit loops, i miss you and Mickey Mouse some days, it was so simple.

    Sereal kerap dianggap sebagai menu sarapan yang cepat dan simpel. Kandungan serat alami pada sereal mampu memenuhi kebutuhan vitamin pada tubuh. Namun, penambahan susu kental manis pada penyajian seharusnya dihindari karena bisa memberikan rasa manis yang berlebih sehingga berdampak buruk bagi kesehatan.

    Itulah deretan menu sarapan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi. Selain makanan di atas untuk kamu yang sering merasakan kantuk yang berat saat bekerja, mungkin kamu juga perlu menghindari sarapan dengan karbohidrat berlebih apalagi nasi santan lengkap dengan gorengan. Pilihlah menu sarapan yang bisa memberikan keuntungan bagi tubuh dan mampu menjaga mood kamu baik sepanjang hari.

    Begini Kondisi Tubuh Bila Sering Telat Makan

    Begini Kondisi Tubuh Bila Sering Telat Makan

    Bagi millenials melakukan segalanya dengan cepat adalah mutlak. Padatnya rutinitas seolah telah menjadi gaya hidup yang sulit diubah. Pemahaman buruk ini membuat mereka kerap mengabaikan kebutuhan asupan nutrisi terbaik bagi tubuh. Mengatur jumlah asupan makanan dan minuman sehat saja tidak akan membantu bila kamu masih saja mengabaikan jam makan.

    Kadang kita merasa menunda makan beberapa jam saja bukan masalah besar. Namun, kebiasaan menunda waktu makan sering berujung permasalahan fatal terutama pada bagian pencernaan. Apalagi kalau sedang berusaha berdiet dengan mengurangi makan.

    Seseorang yang sering menunda-nunda jam makan akan lebih mudah mengalami kelelahan. Pasokan glukosa yang seharusnya disuplai setiap 4-6 jam sejak makan terakhir mengalami perubahan sehingga membuat tubuh merasa cepat lemah, lesu, dan bad mood. Selain itu, pekerjaan yang seharusnya cepat jadi melambat bahkan bisa berantakan karena daya konsentrasi yang kian menurun.

    Begitu pula pada bagian pencernaan yang mengalami gangguan akibat maag dan asam lambung yang naik. Kram perut yang tak tertahankan akan membuat wajah tampak lemas dan pucat. Kondisi ini juga bisa membuat lambung mengalami iritasi, rasa sakitnya pun bisa menjalar ke ulu hati.

    Berusaha menyelesaikan pekerjaan dengan kondisi perut kosong akibat menunda jam makan justru akan menciptakan problematika pada diri sendiri. Tekanan dan fungsi otak yang melemah bisa meningkatkan stress lebih cepat. So, apakah kamu masih mau menunda jam makan?

    Tidur Siang Tingkatkan Kreativitas hingga 40 Persen

    Tidur Siang Tingkatkan Kreativitas hingga 40 Persen

    Terdapat jiwa yang sehat di dalam tubuh yang kuat. Ungkapan ini rupanya bisa diimbangi dengan penelitian mengenai kecukupan tidur siang yang baru saja dilakukan Philip Gehrman, Ph.D., Asisten Profesor Psikologi di University of Pennsylvania. Seseorang yang menjalani tidur siang memiliki peluang sekitar 40 persen lebih kreatif daripada yang tidak melakukannya. Dengan tidur siang kita memberikan kesempatan bagi tubuh untuk menjadi rileks sehingga kinerja otak bisa meningkat, daya kreativitas bertambah, dan kemampuan mengingat semakin kuat.


    Untuk mendapatkan hasil yang maksimal disarankan untuk menjalani tidur siang selama 15-30 menit. Walau singkat suasana hati akan membaik setelah kita bangun. Namun, bila dirasa masih kurang, kita bisa menambah durasi tidur hingga 90 menit. Durasi ini disarankan untuk memperbaiki mood karena tekanan pekerjaan atau menghilangkan kepenatan dan kekhawatiran.

     

    Tidur siang yang efektif diyakini bisa membuat kinerja otak kembali optimal. Saat bangun kita akan bisa merasakan daya tangkap yang semakin kuat dan mampu menerima berbagai informasi baru dengan cepat. Tentunya, hal ini membuat kita semakin produktif dalam bekerja. Selain itu, suasana hati yang membaik karena tubuh yang telah kembali rileks usai tidur siang pun akan menjadikan kita lebih siap menghadapi tantangan pekerjaan sesulit apa pun.


    Salah satu faktor yang memengaruhi kualitas tidur siang kita adalah tempat. Usahakan untuk  memilih tempat yang nyaman, tenang, dan jauh dari kebisingan sehingga kita bisa beristirahat tanpa terganggu. Meskipun, terkadang untuk tidur yang singkat bisa kita lakukan di kursi kerja kita.


    Bagi kamu yang tidak terbiasa menjalani tidur siang karena khawatir kesulitan tidur saat malam, bisa mencoba membiasakan dengan perlahan. Misalnya saja sejenak memejamkan mata dan melepaskan semua beban pikiran saat jam istirahat. Atau kamu juga bisa menyiapkan aroma terapi yang bisa membantu tubuh berada di kondisi paling ringan atau rileks.

    Yuk Ngemil Si Manis Yang Menyehatkan

    Yuk Ngemil Si Manis Yang Menyehatkan

    Perempuan mana sih yang tidak suka dengan cemilan. Ngemil menjadi rutinitas yang kita tunggu setiap harinya. Sayangnya, cemilan selalu identik dengan makanan ringan yang minim nutrisi dan gizi. Cemilan lebih didominasi oleh deretan makanan manis yang mengandung glukosa tinggi, seperti permen, cokelat, es krim, keripik dan masih banyak lainnya.

    Keinginan ngemil akan semakin besar pada “waktu rawan” yakni setelah waktu makan siang antara pukul 3 sampai 5 sore. Sebagai kaum millenials yang cerdas kita bisa lo memilih cemilan yang mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Misalnya saja sebagai berikut.

    1. Buah Kering

    Buah-buahan memang menjadi cemilan sehat yang mendatangkan banyak manfaat bagi pencernaan. Kandungan gula dan serat alami pada buah memberikan energi baru bagi tubuh sehingga tidak mudah mengantuk. Kamu bisa mencoba buah-buahan kering seperti apricot dan kurma. Kedua buah ini bersifat kenyal dan memiliki kadar gula yang seimbang sehingga menyehatkan.

    1. Yogurt

    Olahan susu yang telah difermentasi ini menjadi cemilan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Yogurt mengandung protein hewani sekitar 1.5 gram. Selain itu vitamin B2, B12, D, kalsium, magnesium dan potasium mampu mengatasi gangguan pencernaan. Sebagai cemilan sehat, yogurt ternyata juga memberikan efek kenyang lebih lama lo, jadi cocok banget nih untuk kamu yang sedang menjalani program diet.  

    Homemade coconut yogurt with 2 ingredients only #vegan #yogurt #cocout | TheAwesomeGreen.com
    1. Frozen Fruit

    Frozen fruit atau buah yang dibekukan bisa menjadi pengganti es krim kesukaan. Kenikmatannya menyerupai es krim yang biasanya kita beli kok. Buahnya bisa bermacam-macam, mulai dari pisang, buah naga, pepaya, semangka atau nanas. Buah yang sudah beku ini kemudian dihancurkan dengan blender, akan semakin nikmat bila dicampur dengan susu almond.

    Frozen berries

    1. Granola

    Cemilan yang satu ini mulai banyak diminati sejak tiga tahun belakangan ini. Granola juga menjadi tren cemilan yang kerap dikonsumsi masyarakat urban khususnya millenials. Granola merupakan kombinasi makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan dan buah kering. Granola menyimpan sekitar 20 persen serat yang direkomendasikan setiap harinya sehingga membuat makanan satu ini dijadikan alternatif cemilan.

    Beautiful use of texture and depth of field here. Love the rustic textures/choices of rustic milk bottle to echo the rusticness of something like granola.

    Itulah deretan cemilan manis nan sehat yang bisa anda konsumsi. Ingin sehat bukan berarti tidak boleh ngemil. Pilihlah cemilan yang sehat dan bukan sekadar enak.

    Sehat dan Bahagia dengan Tertawa

    Sehat dan Bahagia dengan Tertawa

    Tertawa merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan kebahagiaan. Begitu pula dengan tersenyum. Tentu anda pernah mendengar ungkapan bahwa tertawa memberikan manfaat bagi tubuh. Apakah anda yakin bahwa ungkapan tersebut benar? Berikut ini beberapa alas an mengapa tertawa memiliki peran penting bagi tubuh anda.

    Saat anda tertawa, anda menggerakkan otot – otot di wajah. Kemudian diinterpretasikan oleh otak hingga melepaskan hormone endorfin.  Hormon ini adalah hormon yang memberikan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang berenergi serta erfungsi juga untuk menekan tingkat stress dalam tubuh. Walaupun anda pura – pura tersenyum atau tertawa ternyata memberikan dampak yang sama dengan tersenyum atau tertawa sungguhan. Otak tidak dapat membedakan antara asli dan palsu. Otak hanya menginterpretasikannya dari otot – otot wajah yang bergerak.

    Tertawa diyakini mampu meregangkan paru – paru hingga mengembang dan menangkap lebih banyak oksigen. Selain itu tertawa mampu membantu anda untuk melepas emosi yang dipendam. Segalanya menjadi lebih baik jika anda berhasil melepaskan emosi yang selama ini terus menerus dipendam. Sebagai permulaan, anda cukup mencoba berpura – pura tertawa. Tentu lebih mudah bukan? Secara perlahan namun pasti, anda akan mulai terbiasa mengeluarkan emosi dengan tertawa. Anda pun merasa lebih baik dan dapat melihat ke arah positif.

    Pernahkah anda melihat di lingkungan anda seseorang yang mudah tersenyum atau tertawa memiliki lingkar sosial yang luas? Senyuman membuat seseorang terlihat ramah. Orang lain tidak akan sungkan untuk mengajak berkenalan. Terbiasa tersenyum atau tertawa akan membuat tubuh anda lebih santai dan tenang selama beraktivitas. Termasuk ketika anda berada di bawah tekanan.

    Jika anda masih merasa canggung untuk tertawa, anda dapat berlatih dengan buah hati di rumah terlebih dahulu. Latihan tertawa bersama – sama selain memberikan manfaat – manfaat yang telah disebutkan di atas, latihan ini dapat menjadi bonding time antara anda dan buah hati. (PM)

    x