Jadwal Padat, Selalu Ingat Sang Khalik dengan 5 Cara Sederhana Ini

"Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu," firman Allah SWT surat Al-Baqarah ayat 152 . Allah memerintahkan kita, makhluk ciptaan-Nya, untuk selalu mengingat Sang Khalik, dan sudah menjadi tugas seorang manusia untuk melakukannya. Sekalipun sibuk, itu bukan sebuah alasan.

 

 

Meski dunia memaksamu untuk menaruh seluruh perhatian pada urusan kehidupan yang penuh tantangan, tidak ada alasan untuk tidak mengingat Allah SWT. Melansir dari Have Halal Will Travel, ada 5 cara mudah untuk selalu mengingat-Nya dan selalu mengucap syukur pada-Nya.

Manfaatkan teknologi di sekitarmu

Zaman sudah canggih, jangan jadikan alat-alat itu menjadi faktor yang menjauhkan diri dengan Tuhan. Sebaliknya, gunakan semua teknologi untuk membantu Ladies selalu mengingat Allah SWT. Mulai dengan menyetel shalawat di radio, menonton ceramah dari akun Youtube, sampai mengunduh aplikasi Al-Qur'an agar bisa membacanya secara praktis di mana pun dan kapan pun.

Membaca satu ayat Al-Qur'an setiap harinya

Coba membaca setidaknya satu ayat Al-Qur'an setiap harinya, menyerap makna di baliknya, dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu’anhu berkata: “Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Selalu dalam keadaan wudhu

Selalu berada dalam keadaan wudhu membantu dirimu untuk selalu ingat akan kehadiran Allah. Juga, ini akan memudahkanmu untuk bisa melakukan shalat jika sudah waktunya. Selain itu, cara ini juga akan menjagamu tetap bersih dan segar, serta memperoleh pahala!

Merencanakan jadwal di sekitar waktu shalat

Pernah merasa shalat terburu-buru karena mengejar jadwal lainnya? Coba rencanakan kegiatan harian dengan memasukkan waktu shalat di dalamnya. Dengan cara seperti ini, Ladies tidak akan pernah merasa 'kesempitan' waktu shalat dan agendamu akan berjalan lebih lancar. Akan lebih mudah lagi jika kamu sudah berada dalam keadaan wudhu!

Pilih beberapa doa atau zikir untuk dibaca

Jika berzikir atau berdoa sepanjang hari belum menjadi kebiasaan, ini saat yang tepat untuk memulai! Pada waktu senja, seperti saat sedang pulang kerja, atau pagi hari sebelum memulai aktivitas, lafalkan zikir atau doa lainnya. Pilih dari yang paling sederhana dan memilih makna yang dekat dengan hatimu. Perlahan-lahan, Ladies bisa membaca doa yang lebih panjang atau berzikir lebih banyak.

Tidak ada alasan untuk tidak mengingat Sang Pencipta, dan Ladies bisa mencobanya dari sekarang. Mengingat-Nya, maka Allah swt tidak akan melupakanmu.  


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published