8 Alasan untuk Traveling ke Negara Non-Muslim

Mengunjungi negara luar dengan mayoritas penduduk non-Muslim masih menjadi sebuah tantangan untuk para Muslimah. Apa di negara itu tersedia banyak masjid? Bagaimana dengan makanannya, apa ada restoran halal? Jangan lupa juga dengan isu yang membuat sebagian orang melihat Islam dengan pandangan berbeda, apa cukup aman berkunjung ke negara lain?

Tapi sebenarnya, untuk para Ladies yang punya mimpi mengunjungi negara, di mana muslim menjadi minortias, tidak perlu takut. Sebaliknya, Ladies perlu memberanikan diri untuk berkunjung ke negara lain yang memiliki budaya yang beragam. Mengapa? Berikut kami pilihkan beberapa alasan supaya Ladies lebih mantap berangkat.

Memahami sosial dan budaya yang beragam

Melansir dari Have Halal Will Travel, alasan paling utama untuk berkunjung ke negara dengan mayoritas non-Muslim adalah untuk mempelajari sosial dan budaya yang ada di dunia secara lebih mendalam. Mengunjungi negara yang memiliki kebudayaan berbeda akan meningkatkan rasa toleransi dalam perbedaan, juga membuka pandangan terhadap kesamaan yang tersembunyi di balik keragaman itu. Kita jadi bisa lebih memahami orang lain dan mudah menerima atau beradaptasi saat bertemu orang asing.

Membangun karakter diri

Terdengar menyenangkan, namun traveling tidak selamanya mudah dilakukan. Karena mengunjungi suatu tempat baru menempatkanmu pada lingkungan yang berbeda dari zona nyaman, sehingga kamu akan menghadapi beberapa tantangan. Dalam mengunjungi negara non-Muslim, Ladies akan kesulitan dalam mencari makanan halal atau tempat ibadah. Namun dari pengalaman ini, akan membantumu membangun karakter diri yang lebih baik.

Memecah pembatas antara Muslim dan non-Muslim

Dengan mengunjungi negara yang berbeda, Ladies dapat memecah pembatas kasat mata yang ada di antara Muslim dan non-Muslim. Kamu dapat memberikan pandangan yang berbeda pada masyarakat non-Muslim melalui interaski yang ramah bersama mereka. Tunjukkan pada mereka kebaikan dan keindahan Islam. Dampaknya, akan mengurangi jumlah populasi yang keliru dalam melihat Islam.

Mengenal lebih baik keyakinan yang berbeda

Ketika ingin membuat orang lain mengenal lebih baik tentang Islam, hal yang sama pun terjadi padamu. Dengan berkunjung ke negara lain, kamu akan lebih memahami beragam keyakinan yang ada di dunia. Bukan untuk turut meyakini hal yang sama dengan mereka, melainkan mengerti dan menghormati kepercayaannya. Serta, tidak memandangnya sebelah mata.

Untuk berdakwah di negara berbeda

Motivasi lain untukmu mengunjungi negara non-Muslim adalah untuk berdakwah menyebarkan Islam. Kamu tidak perlu melakukan aksi besar, atau meminta mereka masuk Islam. Cukup dengan hadir di negara itu, memberikan impresi baik pada masyarakat di sekitar, serta bersikap sesuai syariat Islam, sudah menjadi bentuk dakwah di sela-sela traveling.

Mendapatkan lebih banyak pengetahuan

Beda negara, beda pengetahuan yang dimiliki lingkungan sosial di sana. Dengan berkunjung ke negara lain, akan membuka wawasanmu lebih banyak seputar bahasa, teknologi, dan lainnya. Memperkaya diri dengan pengetahuan, akan meningkatkan kualitas dirimu untuk kesuksesan di masa depan.

Meningkatkan rasa syukur

Mengunjungi negara yang berbeda, terutama negara non-Muslim, akan menumbuhkan rasa syukur dalam diri. Sebab di lingkungan yang berbeda itu, kamu akan menghadapi kesulitan untuk menjalankan perintah-Nya, dan itu akan meningkatkan rasa syukur serta menambah keimananmu pada Sang Khalik atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya.

Berteman dengan Muslim di negara itu

Meski disebut negara non-Muslim, bukan berarti tidak ada penduduk yang beriman pada Allah swt. Dengan berkunjung ke negara dengan Islam sebagai kaum minoritas, kamu membangun jalinan persaudaraan dengan penduduk muslim di sana. Tidak hanya membangun hubungan, tetapi memaknai kehidupan yang mereka jalani di sana. Mereka pun dengan senang hati menyambut dirimu. Sebab di mana pun berada, semua Muslim bersaudara.

Jadi, tidak perlu takut, Ladies. Siapkan paspormu untuk traveling menjelajah dunia, mengunjungi negara lain, memahami keberagaman, dan melihat alam ciptaan-Nya yang begitu indah.


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published