5 Cara Mudah Melepas Stres di Kantor Tanpa Perlu Meninggalkan Meja Kerja

 Tumpukan tugas, permintaan atasan, perubahan jadwal rapat dengan klien, dan semua aktivitas di kantor dapat menimbulkan stres yang memberatkan pikiran. Situasi ini dapat membuat Ladies sulit berkonsentrasi untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Jika dibiarkan, juga akan berdampak buruk pada kesehatan fisik tubuh.

 

Melangkahkan kaki keluar ruangan dan menghirup udara segar dapat melepaskan tekanan yang membebani kepala dan bahu. Namun terkadang, ada situasi saat kamu tidak boleh meninggalkan meja. Boleh jadi karena jadwal yang padat, atau karena atasan sangat membutuhkanmu untuk standby. Kalau seperti ini, melansir dari The Muse, ada beberapa cara sederhana untuk bisa mengurangi stres meski hanya duduk di meja kerjamu.

Memijat telinga

Cara ini berasal dari pengobatan tradisional China yang telah teruji secara klinis. Penelitian ilmiah menunjukkan kalau memijat telinga, atau auricular acupressure, dapat menenangkan stres dan rasa cemas pada pasien pra-operasi dan pasca-operasi. Untuk melakukannya, pijat lembut di titik Shen Men, atau bagian tengah dari sepertiga atas telingamu. Memijat titik ini dapat mengurangi stres dan meningkatkan semangat, cocok untuk Ladies yang sedang merasa lesu.

Mengatur ulang meja kerja

Membersihkan dan menata ulang meja kerja dan lingkungan di sekitarmu dapat mengatur ulang pikiran, mengurangi stres yang melanda di dalamnya. Sebab, pola pikirmu tercermin pada ruangan tempatmu berada. Jadi, coba mulai dengan langkah sederhana, seperti membuang tumpukan kertas yang sudah tidak terpakai atau membersihkan data pada komputer. Mudah, 'kan?

Melakukan hand trick

Tangan dan jemari terasa pegal setelah mengetik banyak laporan? Coba gerakkan dengan mencubit pelan otot antara ibu jari dan telunjuk, kemudian pijat dengan gerakan memutar. Teknik ini tidak hanya membuat otot sekitar jari menjadi lebih rileks, tetapi juga menenangkan otot tangan, bahu, dan leher. Tubuh jadi segar dan siap bekerja kembali!

Melakukan teknik pernapasan dalam

Teknik pernapasan dalam ini dapat membantu meningkatkan efek menenangkan pikiran. Tarik napas yang dalam sampai terasa mengisi perut, dorong perut ke arah depan untuk menarik oksigen itu, lalu tarik kembali untuk mengeluarkannya melalui mulut. Lakukan sebanyak tiga kali, kemudian bernapas kembali seperti biasa. Stres akan mereda, dan kamu siap bekerja kembali.

Meditasi relaksasi progresif

Teknik meditasi ini digunakan untuk melawan rasa cemas dan stres, serta menjadi cara tercepat untuk mengembalikan konsentrasi tubuh tanpa harus meninggalkan meja kerja. Mulai dari bagian tubuh terbawah, renggangkan jemari kaki dan lepaskan otot-ototnya. Kemudian, lakukan hal yang sama pada telapak kaki, kaki, tubuh, lengan, leher, dan wajah. Setelah selesai, kamu akan merasa lebih bersemangat menjalani hari.

Stres di kantor tidak dapat dihindari, namun jangan biarkan tekanan itu memberatkan pikiranmu. Dengan cara-cara sederhana ini, Ladies dapat mengatasinya dengan mudah dan cepat.


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published