4 Tips Menjalani Peran Sebagai Ibu Rumah Tangga dan Wanita Karier dengan Seimbang

Bisakah seorang perempuan menjalankan perannya sebagai ibu, istri, sekaligus sebagai wanita karier? Kalau kamu menjawab bisa, apa akan mudah menjalaninya? Jawabannya tentu akan berbeda, tergantung pada masing-masing pribadi dengan kondisi kehidupan yang mereka jalani. Ada yang mengatakan kalau hal itu mudah saja dilakukan. Ada pula yang merasa kesulitan untuk bisa membagi waktu secara seimbang sehingga perlu mengorbankan salah satunya.

Melansir dari The Muse, ada beberapa cara yang bisa dicoba lakukan oleh para ibu bekerja agar bisa menjalani perannya di dua dunia yang berbeda dengan seimbang.

Bekerja multitasking dan memanfaatkan waktu

Sering merasa melupakan satu hal karena mengutamakan hal lain? Menjadi ibu rumah tangga yang bekerja tentu sangat melelahkan. Pikiranmu selalu berganti fokus antara anak dan tugas kantor. Sehingga wajar kalau kita melupakan beberapa hal.  Sebagai perempuan dengan tumpukan kewajiban yang lebih banyak, penting bagi ibu bekerja untuk mulai melatih keterampilan bekerja secara multitasking. Misalnya, kamu bisa mencoba mengisi waktu perjalanan menuju kantor dengan menyiapkan draft email atau menghubungi buah hati untuk memberikan perhatiannya di sela-sela jam istirahat siang. Cara seperti ini membantumu menyimpan banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga, juga menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

Menjadi lebih terbuka dengan perasaan sendiri

Menjadi emosional di kantor sering dianggap sebagai sikap yang tidak profesional karena dapat mengganggu fokus bekerja. Namun di sisi lain, menyimpan perasaan sendiri akan menyesakkan dada dan menimbulkan stres yang berdampak pada pekerjaan maupun pada keluargamu. Karena itu, tidak masalah untuk jadi lebih terbuka dengan perasaanmu sendiri. Ketika merasa khawatir pada anak yang sakit di rumah, curhat pada rekan kerja terdekatmu. Itu akan membuat hati menjadi lebih lega, mengurangi pikiran yang memenuhi kepalamu. Juga, kamu akan mendapat dukungan moral dari rekan kerja atau bahkan bantuan dengan pekerjaan kantormu. Namun selalu ingat untuk tidak bersikap berlebihan saat meluapkan perasaanmu.

Habiskan sebagian besar waktu di rumah

Tidak ada yang lebih menyenangkan bagi anak dan pasangan selain memilikimu di tengah-tengah mereka. Karena setengah harimu sudah dihabiskan di kantor, berusaha untuk menghabiskan sisanya di rumah. Pulang tepat waktu dan langsung menuju rumah, temani anak dengan bermain bersamanya atau sekadar mendengarkan ceritanya tentang kegiatannya sepanjang hari. Perbanyak interaksi fisik bersama anak seperti memeluk dan menciumnya untuk menguatkan ikatan di antara kalian. Hasilnya, kamu akan memiliki waktu berkualitas yang indah setiap malam sebelum tidur.

Menjalin pertemanan dengan working mom lainnya

Berteman dengan perempuan lain yang menjalani kehidupan sama sepertimu akan memberikan banyak manfaat. Kamu dan teman-teman yang lain bisa saling memberikan dukungan dan semangat, atau berbagi tips seputar pekerjaan dan parenting. Jadi, Ladies tidak akan merasa 'sendiri' dalam menjalani peran ibu rumah tangga dan wanita karier. Jika tidak memiliki teman sesama ibu rumah tangga di kantor, kamu bisa menemukannya di luar, seperti bergabung dengan komunitas tertentu.

Nah, sekarang tak perlu lagi takut menjalani dua misi mulia menjadi ibu ataupun wanita bekerja.  Jika itu adalah impianmu, akan selalu ada cara untuk menggapainya.


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published