4 Tipe Eyeliner untuk Ekspresikan Gaya yang Berbeda

Tidak hanya mempertegas bentuk mata, garisan eyeliner pada kelopak mata juga menjadi bentuk ekspresi gaya dan kepribadian seseorang. Misalnya bentuk cat-eye, mencerminkan kepribadian aktif dan berani, dan bentuk puppy-eye ala perempuan Asia menunjukkan gaya feminin yang manis.  Selain kedua contoh tersebut ada banyak bentuk garisan eyeliner yang bisa menjadi pilihan yang pas dengan gaya dan karaktermu. Tapi, sebelum memilih gaya, penting sekali untuk mengenali jenis eyeliner yang sesuai.  

10 Hot White Eyeliner Ideas #2. White and Purple Eyeliner Combination #eyes; #eyemakeup; #eyeliner; #makeuptips; #makeup

Jenis produk eyeliner yang tersedia di pasar kecantikan amat beragam. Ada yang didesain memiliki konsistensi lebih cair, ada pula yang padat. Ada yang mudah diaplikasikan untuk area waterline, ada juga yang tidak cocok untuk area itu.

Mengutip dari Byrdie, ada empat jenis eyeliner yang bisa digunakan.

Gel eyeliner

Why everyone is bananas over this top-rated gel eyeliner

Pada dasarnya, terdapat kandungan wax atau lilin dalam setiap eyeliner. Namun takaran itu paling tinggi dalam gel eyeliner. Tandanya, produk tipe ini memiliki daya tahan yang sangat baik saat digunakan dan cenderung waterproof. Gel eyeliner biasanya dikemas dalam sebuah pot, dan diaplikasikan dengan kuas berbentuk flat atau angled. Cara ini memudahkan penggunanya untuk mendapatkan ketebalan garis sesuai yang diinginkan, dan menggambar bentuk apa pun.

Gel eyeliner ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk garis mata on-fleek penuh drama.


Cream eyeliner

Meski terlihat sama, gel dan cream eyeliner memiliki perbedaan. Dari segi formula, cream eyeliner didesain lebih mudah dibaurkan, mirip seperti cream eyeshadow dan memunculkan banyak gaya. Bahkan, ini menjadi alternatif praktis untuk pemula yang ingin mendapatkan riasan smokey eyes. Namun karena sifatnya yang mudah dibaurkan, produk ini cenderung kurang tahan air. Untuk mengaplikaskan cream eyeliner, Ladies dapat menggunakan kuas berbentuk flat atau angled.


Liquid eyeliner

Battle of the liquid pen eyeliners - Thirteen Thoughts-beauty and lifestyle blog

Produk tipe ini memiliki formula terbaik dalam keluarga eyeliner. Konsistensi cair yang intens, cepat kering, tahan lama, cocok untuk tampilan mata penuh drama. Namun, liquid eyeliner juga jadi produk yang paling sulit digunakan. Karena bersifat cair, produk bisa melebar dan merusak kerapihan garis yang baru saja kamu buat. Jadi, perlu kesabaran dan ketelitian saat mengaplikasikannya. Saat ini, ada dua tipe kuas yang tersedia bersama produk itu: Brush tip, yaitu ujung kuas lembut berbentuk meruncing, cocok untuk membuat garis yang tipis;  dan felt-tip, ujung yang kaku seperti spidol, cocok untuk membuat garis yang lebih tebal.

Liquid eyeliner cocok untuk membuat gaya outer corner dan segala jenis riasan lain di berbagai kesempatan.


Pencil eyeliner

For anyone desiring a long lasting, creamy pencil liner.

Baru mau mencoba menggunakan eyeliner, atau kurang suka dengan hasil garis yang terlihat intens? Maka pencil eyeliner adalah pilihan yang tepat. Produk tipe ini memiliki konsistensi yang jatuh tepat di tengah, antara kering dan creamy, membuat penggunaanya lebih mudah. Formulanya pun didesain tahan lama dan tahan air. Namun kekurangannya, produk ini harus terus diserut jika menginginkan ujung lancip untuk garis yang tipis.

Pencil eyeliner ini bisa digunakan untuk mengisi waterline untuk memberikan kesan mata yang begitu dalam.


Itulah empat tipe eyeliner yang perlu dikenali. Jika kamu sudah menentukan gaya yang diinginkan, kamu bisa mulai mencari eyeliner yang tepat. Jangan salah pilih, ya!


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published