4 Cara Untuk Tampil Fit Saat Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan, bulan suci Ramadhan telah tiba. Berbagai persiapanan dilakukan sebaik mungkin agar seluruh anggota keluarga dapat menjalankan puasa dengan baik. Terlebih lagi, kondisi cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini menyebabkan keluarga rentan terkena penyakit. Berikut ini empat cara yang dapat anda terapkan untuk menjaga tubuh agar tetap fit saat bulan Ramadhan.

Pertama, atur pola makan. Konsumsi gizi seimbang saja tidak cukup, harus diikuti dengan pola makan yang teratur. Disarankan untuk mengatur waktu makan anda dan keluarga. Taati waktu yang telah ditentukan. Hal ini untuk menghindari terkena penyakit maag. Tubuh pun akan bekerja dengan baik. Jangan lupa pula untuk konsumsi air putih/cairan yang cukup. Hal ini agar terhindar dari bahaya dehidrasi.

Kedua,istirahat yang cukup. Memiliki waktu istirahat yang cukup dapat menghindarkan anda dan keluarga dari berbagai penyakit. Istirahat termasuk tidur yang cukup dibutuhkan untuk meregenerasi sel – sel yang ada di dalam tubuh. Meningkatkan kinerja serta metabolism tubuh. 

Ketiga, jauhi stres. Tampak sederhana dan mudah tapi paling sulit untuk dilakukan. Sebagai seorang wanita aktif maupun ibu rumah tangga, stress menjadi salah satu musuh yang harus ditaklukkan. Stres dapat muncul dalam berbagai hal. Mulai dari urusan pribadi, suami, hingga anak – anak. Memang tidak mudah tapi bisa ditaklukkan secara perlahan. Ketika stress menghampiri, cobalah untuk melakukan relaksasi sederhana dengan menarik nafas panjang sebanyak tiga kali. Selain itu, anda dapat mengalihkan perhatian kepada hal – hal yang anda sukai. Cobalah untuk tidak memikirkan penyebab stress anda sebentar dan alihkan kepada hal yang lain sampai anda menjadi lebih rileks.

Keempat, konsumsi vitamin. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang saja belum cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda dan keluarga. Perlu asupan vitamin maupun suplemen agar tubuh tetap fit dan sehat. Terlebih lagi saat melaksanakan puasa. Tubuh anda sangat membutuhkan asupan pendukung selain makanan utama. Asupan vitamin yang biasa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah vitamin D dan vitamin C. Selain itu bagi anda dan keluarga yang memiliki mobilitas yang tinggi, anda dapat mengkonsumsi suplemen agar menjaga tubuh supaya tidak mudah lelah.

 

Keempat cara di atas dapat menjadi beberapa cara untuk menjaga tubuh anda dan keluarga tetap fit menjelang bulan Ramadhan. Anda pun dapat menjalankan puasa dengan baik.(PM)


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published