Hidangan buka puasa yang ditawarkan memang kerap terlihat menggiurkan, dan risk-an untuk ‘lapar mata’ akhirnya hidangan yang dibeli berlebih dan menjadi mubazir. Ada cara lain yang praktis dan sehat yang dapat dilakukan agar hidangan berbuka puasa tidak selalu beli, melainkan menyiapkan sendiri.

Awali dengan menyusun menu atau merancang hidangan yang hendak disajikan. Ini akan menjadi permulaan yang baik untuk mengatur anggaran belanja dan membeli sesuai kebutuhan.

Idealnya, tiap bersantap kita mendapat asupan berupa karbohidrat, protein, sayuran juga buah. Jika terpenuhi, ini akan menjaga kebutuhan nutrisi dan menjaga tubuh tetap bugar selama puasa.

Hindari makanan yang memiliki banyak bahan pengawet seperti, mie atau bubur instan. Hidangan seperti ini hanya untuk keperluan darurat dan bukan menjadi menu tetap terutama di bulan puasa.

Bunda bisa menyiapkan hidangan untuk disantap dan disimpan (dibekukan) dalam lemari pendingin, dalam beberapa porsi agar mudah dipanaskan. Tidak perlu memanaskan ulang semua atau terlalu banyak. Misalnya dengan membuat ayam filet tepung paneer, yang bisa disajikan secara praktis menjelang sahur atau buka puasa.

Untuk menu sahur, pilihan sajian praktis yang dapat dipersiapkan diantaranya adalah sop daging, tumis daging, telur rebus. Sajian ini dapat disajikan secara praktis untuk sahur dan berbuka. Menu sahur lainnya adalah roti isi telur, roti isi daging, oatmeal (gandum), atau bubur kacang hijau. Tidak lupa menambahkan protein seperti menyantap telur rebus. Dan buah pisang, yang dikenal sebagai penambah tenaga.

Untuk menu berbuka, hindari terlalu banyak menghidangkan hidangan dan minuman manis. Rasa ini memang mudah diterima lidah yang sudah berpuasa 13 jam atau lebih, tapi konsumsi manis berlebih dapat memberikan rasa kenyang. Akibatnya kalori pengganti yang dibutuhkan tidak sempat masuk. Hindari juga terlalu banyak mengonsumsi gorengan, gorengan hanya akan menambah lingkar pinggang jika tidak dikombinasikan dengan hidangan berserat seperti buah dan sayur.

Menu lain yang mungkin cocok diulang pada saat berbuka puasa dan sahur adalah soto ayam, sop ayam, sop daging, yang mana bisa ditambah dengan nasi dan lauk lainnya. Sop memudahkan kita mengunyah hidangan sehingga dapat menghemat waktu.

Tidak lupa untuk selalu menyiapkan kurma dan buah untuk konsumsi sahur dan berbuka.