Simple things that sometimes we might forget about on Friday :

1. Take care of personal hygeine

Image result for bathup

– Trim fingernails and toenails & Shave underarms and pubes

Pertama, dianjurkan untuk memotong kuku, rambut dan bulu dalam kurun waktu atau sebelum masa 40 hari berdasarkan pada hadits sahih riwayat Muslim dan Tirmidzi

وُقِتَ لنا في قص الشارب، وتقليم الأظفار، ونتف الإبط، وحلق العانة. ألّا نترك أكثر من أربعين يوما.

Artinya: Waktu untuk memotong kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan hendaknya tidak melebihi 40 hari.

Nabi melarang membiarkan kuku, rambut dan bulu tidak dipotong atau dicukur melebihi 40 hari. Madzhab Syafi’i mensunnahkan melakukan hal ini setiap hari Jum’at.Dan  mayoritas ulama membolehkan melakukan hal ini pada hari apa saja ketika diperlukan asal tidak lebih dari 40 hari. Namun melakukannya setiap hari Jumat itu baik dan sunnah sebagaimana pendapat Ibnu Hajar Al-Asqalani.


– Take a Ghusl (Islamic Bath) & Perfume yourself

Para ulama sepakat bahwa mandi hari Jum’at bagi orang yang akan menghadiri shalat Jum’at disyari’atkan. Mandi ini menjadi keistimewaan hari Jum’at. Karena pentingnya, kita dapatkan beberapa hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sangat menekankannya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْجُمُعَةِ فَلْيَغْتَسِلْ

Apabila salah seorang kalian berangkat shalat Jum’at hendaklah dia mandi.” (HR. Muslim)

Tidak lupa untuk memakai wewangian bila memilikinya.


– Wear good clothes

“Setiap orang muslim wajib mandi pada hari Jumat, mengenakan pakaian terbaik yang dimilikinya, dan jika ia mempunyai parfum maka ia menggunakannya” (HR Ahmad)

Ketika ‘berkunjung’ ke rumah Allah kenakanlah pakaian terbaik yang kita miliki. Ada beragam pilihan busana dan warna yang dapat dipilih untuk pria disini.

Menjaga kebersihan diri menjadi hal utama terutama saat Hari Jum’at. Bukan berarti kita mengesampingkan hari lain, ada baiknya kita melakukan kebersihan diri secara lebih dalam  saat mengawali hari Jum’at.

 

2. Read all of Surah Kahf

Related image

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.

Sunnah membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada hari Jum’atnya. Dan malam Jum’at diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’atnya. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kesempatan membaca surat Al-Kahfi adalah sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis sore sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’at.

Selain membaca surah Al-Kahfi, kita dianjurkan untuk menghafal 10 ayat pertama juga 10 ayat terakhir. Lebih bagus keseluruhan ayat dalam surat. Mengapa demikian?

Manfaat lain surat Al-Kahfi yang telah dijelaskan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam adalah untuk menangkal fitnah Dajjal. Yaitu dengan membaca dan menghafal beberapa ayat dari surat Al-Kahfi. Sebagian riwayat menerangkan sepuluh yang pertama, sebagian keterangan lagi sepuluh ayat terakhir.

Imam Muslim meriwayatkan dari hadits al-Nawas bin Sam’an yang cukup panjang, yang di dalam riwayat tersebut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,  “Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi.

Dalam riwayat Muslim yang lain, dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” Yakni dari huru-haranya.

Imam Muslim berkata, Syu’bah berkata, “Dari bagian akhir surat al-Kahfi.” Dan Hammam berkata, “Dari permulaan surat al-Kahfi.” (Shahih Muslim, Kitab Shalah al-Mufassirin, Bab; Fadhlu Surah al-Kahfi wa Aayah al-Kursi: 6/92-93)

Imam Nawawi berkata, “Sebabnya, karena pada awal-awal surat al-Kahfi itu tedapat/ berisi keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah. Maka orang yang merenungkan tidak akan tertipu dengan fitnah Dajjal. Demikian juga pada akhirnya, yaitu firman Allah:

أَفَحَسِبَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنْ يَتَّخِذُوا عِبَادِي مِنْ دُونِي أَوْلِيَاءَ

Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? . . .” QS. Al-Kahfi: 102. (Lihat Syarah Muslim milik Imam Nawawi: 6/93)

So, read al-Kahf on friday then memorize the first 10 & last 10 verses.

3. Pray for the Prophet Muhammad often

Image result for muhammad

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim no. 408)

Berdasarkan hadist di atas pada dasarnya, jika kita melakukan shalawat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Allah akan bershalawat kepada kita 10 kali, 10 dosa kita juga di ampuni, dan 10 perbuatan baik tercatat.

Keutamaan bershalawat di hari jum’at

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Hadits ini hasan ligoirihi –yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-)

4. Dua’ / Doa

Image result for muslim pray

There is such an hour on Friday that if any Muslim makes Dua’/Doa’ in it, his Dua will definitely be accepted. The time is in the last hour before sunset

Hadits yang menunjukkan kesimpulan ini cukup banyak. Di antaranya hadits Jabir bin Abdillah Radliyallah ‘Anhu, dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, beliau bersabda:

يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً لَا يُوجَدُ فِيهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ شَيْئًا إِلَّا آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ

Hari Jum’at terdiri dari 12 waktu, di dalamnya terdapat satu waktu yang tidaklah seorang muslim pada saat itu memohon sesuatu kepada Allah, melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah saat tersebut pada akhir waktu setelah ‘Ashar.” (HR. an Nasai dan Abu Dawud. Disahihkan oleh Ibnul Hajar dalam al Fath dan dishahihkan juga oleh al Albani dalam Shahih an Nasai dan Shahih Abu Dawud)

Terdapat dua pendapat besar di antara ulama tentang letak waktu tersebut. Pertama, sejak duduknya imam di atas mimbar sampai dengan berakhirnya shalat. Kedua, waktu ijabah tersebut berada di akhir waktu di hari Jum’at, yakni setelah ‘Ashar sampai Maghrib.

Semoga artikel ini dapat menjadi pengingat untuk bersama-sama melakukan kebaikan pada hari Jumat. Mulai dari kebersihan diri, membaca Al Kahf, membaca shalawat, dan berdoa sebelum matahari terbenam.

 

Source

2015. Hari Baik Memotong Kuku dan Rambut. http://www.alkhoirot.net/2015/11/hari-baik-memotong-kuku-rambut-dan.html

2010. Hukum Mandi Hari Jumat Wajib atau Sunnah. http://www.voa-islam.com/read/ibadah/2010/03/26/4338/hukum-mandi-hari-jum%27atwajib-atau-sunnah/;#sthash.hl7ylqYT.dpbs

2011. Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Pada Hari Jumat. http://www.voa-islam.com/read/ibadah/2011/02/03/13112/keutamaan-membaca-surat-alkahfi-pada-hari-jumat/;#sthash.niD2wTsX.dpbs

2013. Manfaatkan Waktu Mustajab Doa di Sore Hari Jumat. http://www.voa-islam.com/read/doa/2013/12/12/28104/manfaatkan-waktu-mustajab-dikabulkan-doa-di-sore-hari-jumat/